Selasa, 28 Februari 2017

Tips Membeli Pakaian Jadi dan Elektronik di Luar Negeri

Informasi penting bagi Anda yang suka membeli barang di luar negeri baik online maupun berbelanja langsung di luar negeri. Bahwa barang berupa pakaian jadi dan elektronik itu masuk dalam barang yang dibatasi impornya.

Maksudnya dibatasi adalah kedua komoditi ini diatur langsung oleh Kementerian yang membidangi perdagangan luar negeri, dalam hal ini Kementerian Perdagangan. Boleh saja Anda membeli kedua barang tersebut, namun perlu dipertimbangkan juga aturan yang membatasi. Jangan sampai sudah belanja banyak di luar negeri, tapi pas nyampe di Indonesia barang tidak diijinkan keluar oleh pihak Bea Cukai, karena mereka menjalankan peraturan titipan dari Kementerian Perdagangan.

Contoh produk dalam negeri kualitis impor

Pemberian fasilitas pembebasan bea masuk dan pajak impor oleh Bea Cukai tentu sangat meringankan kita, namun kita juga wajib mengetahui ketentuan yang berlaku tentang barang-barang yang dibatasi impornya atau bahkan dilarang untuk diimpor.

Berikut adalah tabel pembebasan dan pembatasan yang diberikan pemerintah untuk barang impor baik kiriman (beli online) maupun bawaan penumpang (beli langsung di luar negeri):

Pembatasan Impor
Pakaian Jadi
Elektronik
Pembebasan
Barang kiriman (per kiriman)
10 pcs
2 unit
FOB US $100
Barang bawaan (per orang)
FOB US $1000
FOB US $1500
FOB US $250

Jadi seandainya kita membeli pakaian jadi baik kaos, kemeja, celana dan sebagainya, secara online di luar negeri, maka tips yang kita pakai sebagai seorang pembeli, yakni jangan sampai barang yang kita beli lebih dari 10 pcs. Dan kalau mau dapat gratisan dari Bea Cukai (gak bayar bea masuk dan pajak impor), ya kita cari barang yang nilai totalnya tidak lebih dari $100.

Begitupun kalau kita belanja pakaian langsung di luar negeri, jangan sampai nilainya lebih dari $1000, atau belanja elektronik jangan sampai lebih dari $1500.

Ingat, jika pakaian dan elektronik yang Anda beli di luar negeri ternyata melebih nilai yang dibatasi, barang Anda tidak dapat dikeluarkan, karena untuk impor kedua komoditi tersebut hanya boleh dilaksanakan oleh importir umum yang memiliki angka pengenal impor umum dan telah melewati verifikasi atau penelusuran teknis dari instansi terkait.

Masih banyak lagi aturan-aturan yang membatasi atau bahkan melarang masuknya barang dari luar negeri ke Indonesia. Tips dari saya sering-sering lah cek terlebih dahulu ketentuan impor atas barang yang akan dibeli. Anda dapat mengeceknya langsung ke portal eservice.insw.go.id.

Mudahkan...

4 komentar:

  1. Susah sekarang cari artikel yang seperti ini, yang memberi informasi yang bermutu. Untung ketemu sama blog ini, jadi saya bisa baca-baca informasi disini. Terimakasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb mohon maaf kepada teman teman jika postingan saya mengganggu anda namun apa yang saya tulis ini adalah kisah nyata dari saya dan kini saya sangat berterimah kasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala atas bantuan pesugihan putihnya tampa tumbal yang sebesar 15m kini kehidupa saya bersama keluarga sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya,,saya sekaran bisa menjalanka usaha saya lagi seperti dahulu dan mudah mudahan usaha saya ini bisa sukses kembali dan bermanfaat juga bagi orang lain,,ini semua berkat bantuan Mbah Rawa Gumpala dan ucapa beliau tidak bisa diragukan lagi,bagi teman teman yang ingin dibantuh seperti saya dengan pesugihan putih bisa anda hubungi di no 085 316 106 111 jangan anda ragu untuk menghubuni beliau karna saya sudah membuktikannya sendiri,karna Mbah tidak sama seperti dukun yang lain yang menghabiskan uang saja dan tidak ada bukti sedankan kalau beliau semuanya terbukti nyata dan sangat dipercay,,ini unkapan kisah nyata dari saya pak Rudi di semarang.Untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Mbah di šŸ£PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBALšŸ£

      Hapus
  2. Saya senang berkunjung kesini meskipun hanya untuk sekedar silaturahmi.

    BalasHapus
  3. terimakasih buat tips membeli pakaian jadi di luar negerinya

    BalasHapus

Recent Posts

Recent Comment

Popular Posts